Mengenal Nama-Nama Bahan Pengembang Kue

Mengenal Nama-Nama Bahan Pengembang Kue - Penikmat kuliner yang mak yuz dengan sambel pedasnya yang bikin tambah nendang, makan tanpa sambal ibarat sayur tanpa garam, Pada kesempatan kali ini pedas sambel Ingin berbagi resep aneka makanan tentang Mengenal Nama-Nama Bahan Pengembang Kue semoga dapat bermanfaatnya, dan mungkin sebagian dari kita susah untuk mencari resep tersebut. melalui portal ini kami akan mencoba berbagi dan membongkar rahasia resep tersebut, dan selamat menikmati



Sebentar lagi lebaran nih, sudah bersiap membuat kue? Saat membuat kue, pasti kita membutuhkan bahan-bahan pengembang. Bahan pengembang kue memiliki fungsi agar kue yang diolah bisa menghasilkan volume yang besar. Sayangnya, kadang sebagian orang suka bingung, kira-kira apa pengembang kue yang bisa digunakan? Nah, disini kita akan membagikan informasi tentang nama-nama pengembang kue yang bisa Anda gunakan saat akan membuat kue lebaran.

Apa sajakah nama-nama pengembang kue tersebut, simak langsung aja yuk..

Baking soda

Baking soda  termasuk pengembang kue yang paling popular dan mudah didapatkan di beragam toko kue. Baking soda merupakan bahan pengembang yang didalamnya terkandung Sodium Bikarbonat, dimana ia memiliki sifat mengeluarkan gas dan hasilnya dapat membuat kue melebar ke samping. Baking soda sangat cocok digunakan untuk membuat kue kering, karena dapat memberi efek kering dan renyah pada kue.

Ragi

 Ragi instan merupakan bahan pengembang yang biasa digunakan saat membuat roti, donat maupun bakpau. Ragi instan ini bisa kita temui dalam tiga jenis, yakni ragi segar yang bentuknya paat dan mengandung 70% air sehingga wajib disimpan kedalam kulkas, kedua ragi koral yang bentuknya koral dnegan kandungan air sekitar 7,5% yang bisa digunakan dnegan cara merendamnya terlebih dulu dan ketiga ragi instan yang bentuknya butiran dan langsung bsia digunakan saat membuat kue.

Baking powder

Namanya hampir sama dengan baking soda, tapi jangan salah karena baking powder biasanya digunakan untuk pengembang kue, pancake, cupcake, bolu, dan lainnya.  Penggunakan baking powder sendiri dapat memberi efek kue tetap mengembang pada saat dipanggang.

Cream of tartar

Cream of tartar merupakan bahan pengembang yang biasa dicampurkan dalam putih telur. Tujuannya sendiri agar putih telur bisa mengembang  dan kaku, mencegah butiran gula mengkristal serta membantu Anda menghasilkan kue dengan tekstur berpori. Keberadaan cream of tar tar bisa digantikan dnegan air jeruk nipis atau lemon.

VX

VX juga meupakan bahan pengembang yang digunakan pada kue atau roti. Selain memberi efek mengembang, VK juga memberikan hasil yang  halus dan lembut. Perbandingan pemakaian VK dan tepung terigu adalah ½ sdt VK dan 500 gr tepung terigu.
Nah, setelah mengenal beberapa jenis pengembang kue diatas, tentunya Anda  tidak akan bingung lagi khan mau memilih yang mana? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Resep pedas sambal lainnya:




Kuliner mania Mengenal Nama-Nama Bahan Pengembang Kue

Gimana gampangkan untuk resep Mengenal Nama-Nama Bahan Pengembang Kuenya , silahkan diaplikasikan dirumah, dan jika masih ada kekurangan dari sambal pedas mohon sekiranya untuk berkomentar dan meninggalkan pesan di kolom bawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Nama-Nama Bahan Pengembang Kue"

Post a Comment